Kondisi Sarana dan Prasarana 

                   Kondisi sarana dan prasarana pendukung penyelenggaraan program dan kegiatan di Kecamatan Semarang Tengah secara umum cukup memadai. Bangunan Kantor dengan Luas Tanah ±1.563 Meter Persegi dan Luas Bangunan ±800 Meter Persegi memiliki tata ruang yang memenuhi persyaratan untuk penyelenggaraan pemerintahan, Camat, Sekretaris Kecamatan, Para Kasi dan Kasubag memiliki ruangan tersendiri dengan posisi strategis disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsinya. Adapun ruang pendukung lainnya berupa Ruang Pelayanan Masyarakat, Ruang PKK, WC, Dapur, Ruang Arsip  dan Aula Kecamatan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan rapat dan pertemuan.

Dibawah ini adalah tempat pelayanan kantor Kecamatan Semarang Tengah :

 

                  Tempat pelayanan Kantor Kecamatan Semarang Tengah didesign untuk kenyamanan masyarakat yang ingin melakukan kepengurusan surat-surat penting sperti KTP, surat ijin perdagangan, pembayaran PBB dan lain sebagainya. Terdapat nomor antrian di bagian pintu masuk yang membuat pengunjung tertib mengantri. Di ruang pelayanan ini juga melayani pembayaran online untuk listrik, telepon, PAM, dan juga pembayaran kredit finansial sperti kredit motor dan kredit mobil.

                 Di kantor Kecamatan Semarang Tengah terdapat beberapa tempat untuk melakukan kegiatan operasionalnya diantaranya terdapat ruang tamu, ruang kantor, ruang rapat, meja mesin ketik, mushola, dan fasilitas penunjang lainnya seperti kantin yang terletal di belakang kantor Kecamatan Semarang Tengah. Berikut adalah foto-fotonya :

 

1. Area Tamu 

Area tamu menjadi satu dengan area ruang kantor Kecamatan Semarang Tengah.

Area ini biasanya digunakan untuk menerima tamu yang mempunyai urusan yang harus diselesaikan di Kantor Kecamatan Semarang Tengah.

2. Area ruang kantor :

Di sinilah para Staf Kantor Kecamatan Semarang Tengah yang melakukan perkerjaannya. 

3. Ruang Rapat Kantor Kecamatan Semarang Tengah :

Ketika akan mengadakan sebuah rencana pelakasanaan sebuah kegiatan staf kantor

dari Kecamatan Semarang Tengah melakukan rapat di ruang rapat ini.

4. Meja Mesin Ketik :

            Mesin ketik tetap digunakan karena terdapat beberapa staf kantor yang tidak dapat menggunaka komputer dengan cepat.

Mesin Ketik digunakan untuk membuat sebuah draft surat yang akan digunakan untuk keperluan formal kemudian draft tersebut di ketik kembali di dalam komputer dan dicetak menggunakan printer.

Hal ini bertujuan untuk membuat format penulisan surat terlebih dahulu.

5. Musholla :

         

            Di Kantor Kecamatan Semarang Tengah disediakan sebuah musholla yang dapat digunakan oleh khalayak umum untuk mendirikan sholat.

           

          Gambar di atas adalah tempat wudhu di Kantor Kecamatan Semarang Tengah. di sebelah tempat wudhu terdapat toilet.